Lahir diKISARAN, 06 DESEMBER 1979 , Jenis KelaminPriaAgamaISLAMTempat tinggaljl. pertiwi ujung kel. bantan kec. Medan Tembung, kota Medan – Sumatera Utara .No.Tlp/Hp : 081260906499 . Riwayat Pendidikan : SD Negeri Pematang Siantar pada tahun 1986 – 1992 melanjut Ke SMP Negeri 1 Meranti Kisaran - Asahan pada tahun 1992 – 1995 kemudian melanjut ke SMU Negeri 3 Kisaran tahun 1995 – 1998.Kemudian meneruskan kuliah di Universitas Negeri Medan (Unimed) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Pendidikan Matematika dan tamat tahun 2004. Pengalaman organisasi meliputi Sekretaris PERTI Kota Medan (2004-2009), Sekretaris KMI Cabang Kota Medan ( 2004-2006),Ketua KMI Cabang Deli Serdang (2006-2008),Sekretaris FKPKBM Deli Serdang (2006-2008), KNPI Kabupaten Deli Serdang (2006-2009), Ketua II Forum Ilmiah Guru Sumatera Utara (FIGUR SUMUT) (2009 – Sekarang). Pengalaman mengajar : Bimbingan Belajar Panca Budi (1999-2002), Bimbingan Belajar Alazhar (2002-2003),Bimbingan Belajar Nurul Ihsan (2004-2005),Grand Education Centre ( GEC)(2004-2006).Sekolah SMP Swasta Bandung (2000-2003), Sekolah SMP Pahlawan Nasional Medan( 2002-sekarang) dan Bimbingan belajar interatif ( 2009 – sekarang).
Seiring dengan berkembangnya sebuah peradaban menuju masyarakat modern, masyarakat yang memiliki wawasan dan pengetahuan terhadap perkembangan informasi dan teknologi yang modern, masyarakat yang mandiri, maju dan sejahtera maka pendidikan merupahkan sebuah wadah untuk melahirkkan sumber daya manusia yang berkwalitas yaitu memiliki pengetahuan, terampil dan produktif serta memiliki etos kerja yang tinggi.
Serangkaian proses pendidikan tidak pernah lekang dari setiap sisi kehidupan manusia. Pendidikan merupahkan potret kehidupan setiap anak manusia dan pendidikan merupakan salah satu bingkai kesuksesan. Pendidikan adalah hak setiap manusia meraih sebuah peluang keberhasilan dalam hidup. Pendidikan tidak mengenal Usia dan strata ekonomi. Setiap anak yang terlahir didunia ini mendapatkan hak dan kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan.
Lembaga kursus dan Bimbingan Belajar” Interaktif” Lahir dari sebuah kepedualian terhadap nasib anak bangsa dalam mengenyam pendidikan, Lembaga kursus dan Bimbingan Belajar” Interaktif” Lahir untuk memberikan solusi terhadap berbagai persoalan anak bangsa terhadap pendidikan. Lembaga Kursus dan bimbingan belajar “ Interaktif” Lahir dari kumpulan gagasan, persamaan persepsi, visi dan misi sekelompok guru untuk membangun tatanan pendidikan yang berkwalitas, bermutu dan berdaya saing serta memiliki kecakapan hidup (life Skill) yang handal dan profesional.
Lembaga Kursus dan Bimbingan Belajar interaktif yang selanjutnya disingkat K-BBI merupakan Lembaga Pendidikan Luar Sekolah Masyarakat (PLSM). Lembaga K-BBI terbentuk pada tanggal 01 Agustus 2009 di Medan provinsi sumatera utara. Lembaga K-BBI pada awalnya memiliki program Intensif bagi kelas 9 SMP untuk persiapan menghadapi ujian Nasional. Pertama kali terbentuk K-BBI memiliki Jumlah murid 200 orang untuk mengikuti program belajar secara intensif. K-BBI telah membuat program Berlatih ( TRY OUT/Simulasi) Ujian Nasional bagi Kelas 9 SMP sebanyak 2 kali pada tahun ajaran 2009/2010 yang dikuti oleh 215 orang pada Try Out Pertama dan 258 orang pada Try Out kedua. Pada Tahun ajaran 2010/2011 insyah allah LKI dan BBI akan tetap eksis dan diminati oleh masyarakat.
a.Progam Kegiatan
Lembaga Kursus dan Bimbingan Belajar Interaktif (K-BBI) terdiri dari Program Kursus dan Bimbingan Belajar. Program Kursus meliputi Kursus Bahasa Inggris dan Komputer dan kursus-kursus lainnya yang dapat meningkatkan ketrampilan berbahasa dan ketrampilan terhadap pembuatan dan penggunaan IPTEKS (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi). Bimbingan Belajar meliputi bimbingan belajar siswa dalam mengahadapi persiapan Ujian Nasional, Bimbingan belajar untuk testing penerimaan mahasiswa diperguruan tinggi negeri Favorite baik melalui jalur PMP(Pemanduan Minat dan Prestasi bebas testing), SPMB (seleksi penerimaan mahasiswa baru) ataupun jalur UMB(Ujian Masuk Bersama) dan SMPTN ( Seleksi masuk perguruan tinggi negeri ). Bimbingan Belajar bagi siswa/i yang mengalami kesulitan belajar pada pendidikan formal baik SD,SMP dan SMA/sederajat.
a.Program Kursus
1.Kursus Bahasa inggris
i.Sistem : Memberikan serangkaian paket pembelajaran Bahasa inggris
Yang terdiri dari Paket Primary, Elementary,Intermediet, Expand dan conversation di lokal dan ruang diskusi untuk :
oMendapatkan Ketrampilan berbahasa pada tingkat dasar hingga tingkat mahir.
oMemahami materi pelajaran bahasa inggris sesuai dengan jenjangnya pendidikan berdasarkan kurikulum KTSP yang ditetapkan oleh BNSP.
oMampu menyelesaikan soal-soal Ujian Nasional pada pelajaran bahasa inggris dengan baik.
ii.Tujuan : Untuk menjadikan siswa/i meraih prestasi belajar yang sangat
memuaskan pada:
oUjian Semester
oUjian Nasional/Ujian Sekolah
oDiterima pada Perguruan tinggi Negeri Favorite
oUpaya menciptakan SDM berkwalitas sejak dini.
oMemiliki kompetensi berbahasa inggris yang baik.
2.Kursus Komputer
i.Sistem : Memberikan serangkaian paket pembelajaran Komputer
Yang terdiri dari Paket Microsof Office dan internet di lokal dan ruang diskusi untuk :
oMendapatkan Ketrampilan Komputer pada tingkat dasar hingga tingkat mahir.
oMampu menggunakan ICT ( seperti komputer dan lainya) dalam menyelesaikan masalah sehari-hari baik disekolah maupun di tempat-tempat kerja.
ii.Tujuan : Untuk menjadikan siswa/i terampil dalam penggunaan ICT
b.Program Bimbingan Belajar
i.Sistem : Membimbing siswa/i di lokal dan ruang diskusi untuk :
oMemahami materi pelajaran sesuai dengan jenjangnya pendidikan berdasarkan kurikulum KTSP yang ditetapkan oleh BNSP.
oMampu menyelesaikan soal-soal yang disusun dalam berbagai tipe/model secara tepat dan cepat, melalui rumus-rumus singkat dan pasti.
ii.Tujuan : Untuk menjadikan siswa/i meraih prestasi belajar yang sangat
memuaskan pada:
oUjian Semester
oUjian Nasional/Ujian Sekolah
oDiterima pada Perguruan tinggi Negeri Favorite
oUpaya menciptakan SDM berkwalitas sejak dini.
iii.Struktur pelaksanaan:
1.Pihak Lembaga Pendidikan Luar Sekolah Masyarakat (PLSM-Interaktif)
Yang terdiri dari badan pendiri PLSM interaktif ( dalam uraian berikutnya
untuk memudahkan disebut sebagai: pihak I)
a.Menyiapkan lokasi belajar-mengajar dan kelengkapannya.
b.Pengumpulan data siswa/i
c.Menyediakan biaya operasional bimbingan
2.Bimbingan Belajar Interaktif (BBI)
(sebagai pelaksana pembimbing teknis dalam uraian berikutnya untuk
memudahkan disebut sebagai : pihak II )
a.Menyediakan :
oTeori pengantar ( Buku panduan/modul pembelajaran)
oSoal pengantar ( 10 soal ) sebagai contah soal ketika proses pembelajaran berlangsung.
oSoal Kuis ( Ulangan Harian)
oPenyelesaian Soal Kuis
oModel dan naskah soal try out
b.Mendatangkan tenaga pengajar yang terlatih
c.Menyediakan seluruh kebutuhan formulir
d.Mengolah data dan nilai siswa/i
e.Memeriksa lembar jawaban siswa/i
f.Menyerahkan semuah hasil laporan kepada pihak I
g.Mengolah biodata siswa dan lembar jawaban try out
h.Mengakses hasil try out dan melayani pertanyaan siswa melalui diskusi baik lisan atau tulisan melalui via internet
Untuk mencapai tujuan seperti diatas , pihak I dan Pihak II senantiasa bekerja sama membentuk koordinasi yang baik agar proses belajar mengajar berjalan baik dan tepat waktu.
iv.Waktu dan jangka waktu pelaksanaan
Waktu pelaksanaan program bimbingan belajar terpadu telah disusun dengan rapi dimulai pada bulan yang ditetapkan oleh pihak I dan berakhir minimal seminggu sebelum UN/US atau Ujian Kenaikan Kelas pada sekolah formal dilaksanakan.
v.Mekanisme pembelajaran:
Mekanisme pembelajaran terbagi dalam 2 tahapan:
1.Persiapan pra belajar
2.Proses Belajar mengajar
Tahap : 1. Persiapan Pra belajar
Keberhasilan sistem belajar mengajar sangat ditentukan oleh tahap persiapan pra belajar. Pada tahap ini Pihak I dan pihak II harus mengadakan koordinasi, penyatuan visi serta penentuan tugas dan tanggung jawab seperti:
ØPembentukan tim serta penentuan tugas dan tanggung jawab
ØPengumpulan data peserta yang dibimbing (siswa/i)
ØPersiapan akhir sarana dan prasarana untuk pelaksanaan program
ØTahap : 2. Proses Belajar Mengajar
Untuk memperoleh hasil yang maksimal , proses belajar mengajar harus didukung oleh sarana dan prasarana serta metode yang proporsional. Adapun sarana dan prasarana serta metode belajar dan latihan terpadu dapat diuraikan sebagai berikut:
1.Silabus pembelajaran
Siswa/i diperkenalkan untuk mengetahui akan ruang lingkup dari materi yang dipelajari melalui silabus. Silabus disusun oleh tim BBI berdasarkan kebutuhan siswa yang disesuaikan dengan kurikulum sekolah (KTSP) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada tiap-tiap jenjang pendidikan.
2.Buku panduan/modul teori pengantar
Buku panduan/modul teori pengantar merupakan buku panduan bagi siswa untuk memahami materi pelajaran yang akan dipelajari dikelas. Buku tersebut merupakan intisari buku-buku pelajaran yang syahkan oleh BNSP misalnya Buku Sekolah Elektronik (BSE).
3.Jadwal belajar
Pengajaran menggunakan sistem group(kelompok/kelas) dilaksanakan secara terencana, dengan jadwal belajar yang dilengkapi dengan hari, jam belajar dan topik yang akan dipelajari. Sehingga siswa dapat mempersiapkan diri sebelum menerima pelajaran digroup (kelas)nya masing-masing.
4.Contoh-contah soal latihan
Untuk lebih memantapkan persiapan siswa/i (dirumah), maka dibagian akhir setiap topik buku teori pengantar dilengkapi dengan contoh-contoh soal latihan yang disertai kunci jawaban.
5.Soal pengantar
Soal pengantar merupakan contoh soal yang terdiri dari 10 soal pilihan berganda sebagai pengatar materi yang akan diajarkanyang diberikan pada setiap pertemuan dengan topik pelajaran yang disesuaikan dengan jadwal yang dipelajari.
6.Soal Kuis
Untuk mengevaluasi daya serap siswa terhadap materi pelajaran yang baru disajikan oleh staf pengajar, maka dilaksanakan latihan harian (kuis) selama 20 menit.
7.Motivasi
Selama proses belajar mengajar siswa/i bebas bertanya dan dimotivasi untuk bertanya dan berpartisipasi aktif , sehingga proses belajar mengajar diupayakan benar-benar efektif.
8.Diskusi
Diskusi dilakukan diluar jam belajar, siswa/i tetap diberi kesempatan seluas-luasnya untuk bertanya perihal materi pelajaran dan soal-soal baik yang bersumber dari Bimbingan , buku pelajaran atau sekolah
9.Model soal try out Ujian SMPTN/UN/US/Ujian Kenaikan Kelas
Model soal merupakan kumpulan soal sebagai sarana berlatih bagi siswa untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti Try Out Ujian Nasional atau SMPTN. Soal-soal ini dikutip dari soal-soal SMPB/SMPTN/UN/US/ Soal Ujian Kenaikan Kelas.
10.Naskah Soal Try Out
Try Out dilaksnakan 1 kali dalam 2 bulan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dari segi materi dan mengisi lembar jawaban komputer.
11.Lembar Jawaban Ujian Try Out
Lembar jawaban Ujian Try Out di buat sesuai dengan Lembar jawaban yang dipakai pada Tes SNPTN atau Ujian Nasional (UN)
Tujuan agar siswa/i memiliki pengalaman yang baik terhadap pengisian LJK (lembar Jawaban Komputer)
vi.Bidang Studi yang diajarkan:
Sesuai dengan tujuan jangka pendek yang dihadapi oleh siswa/i maka bidang studi yang diajarkan meliputi:
Kelas 6 SD : Mata Pelajaran UAS – BN
Kelas 9 SMP : Semua mata pelajaran yang di UN kan
Kelas 12 : Semua mata pelajaran yang di UN kan
vii.Jenis-jenis laporan
-Harian
-Bulanan
-Try Out/ Olimpiade
-Laporan lain yang diperlukan
viii.Pembiayaan
Pembiayaan berasal dari :
-Pendaftaran siswa : Rp 10.000;/siswa
-Biaya belajar bulanan : Rp. 25.000;/siswa
-Bantuan dari berbagai donatur yang sifatnya tidak mengikat
c.Program Berlatih (Try Out / Simulasi ) SMPTN/UN/US
Program berlatih (TRY OUT/Simulasi ) SMPTN/UN/US merupakan wadah bagi siswa untuk mengevaluasi kemampuannya terhadap momen yang akan dihadapinya seperti Ujian Nasional (UN) dan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN). Dengan mengikuti Try Out tersebut siswa, orang tua siswa juga bapak/ibu guru dapat mengetahui perkembangan/kemajuan belajar yang telah dicapai. Dari gambaran tersebut diharapkan dapat menumbuhkan semangat siswa untuk lebih giat belajar serta meningkatkan prestasi.
I.Jenis-jenis Try Out
1.Try Out SMPTN (Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
2.Try Out UN ( Ujian Nasional ) untuk kelas 9 SMP/MTs
3.Try Out UASBN ( untuk kelas 6 SD/MI)
4.Try Out Semester ( Kelas 1,2,3 SMU/MA/SMK/SMP/MTs dan Kelas 4,5,6 SD/MI)